Selasa, 03 Desember 2013

SEGMENTASI PASAR



Tulisan 1


          Segmentasi pasar dapat diartikan yaitu suatu pengelompokan pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang homogen , dimana tiap kelompok dapat dipilih sebagai pasar yang ditargetkan untuk pemasaran suatu produk.
          Titik awal untuk mendiskusikan segmentasi adalah pemasaran massal. Dalam pemasaran massal, penjual melakukan produksi masal. distribusi massal, dan promosi massal dari satu produk untuk semua pembeli. Henry Ford menerapkan strategi ini ketika ia menawarkan Model-T Ford dalam satu warna, hitam. Coca-cola juga mempraktikkan pemasaran massal ketika mereka hanya menjual satu jenis Coke dalam botol ukuran 6,5 ons.
          Alasan ini dilakukan karena pemasaran massal menciptakan pasar potensial terbesar, yang menghasilkan biaya terendah, dan kemudian berujung pada harga yang lebih murah atau margin yang lebih tinggi. Mekipun demikian, banyak kritikus mengemukakan bahwa pasar semakin terpecah, dan media iklan, dan saliran distribusi smakin marak, yang semakin mempersulit dan mempermahal jangkauan terhadap pemirsa massal. Beberapa menyatakan bahwa pemasaran massal sedang sekarat. Sebagian besar perusahaan beralih ke pemasaran mikro pada satu dari empat tingkat: segmen, ceruk, wilayah lokal, dan perorangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar