Kamis, 29 Desember 2011

Tugas Ilmu Budaya Dasar 7


TUGAS 7

Cara mengatasi kegelisahan yang sdang di rasakan.

Sering kali kita beraktivitas yang menjadi rutinitas mengalami berbagai macam situasi dan kondisi yang berbeda, sehingga acap kali sering membuat kita menghadapi berbagai macam masalah yang bisa menyebabkan kita merasakan rasa gelisah. Gelisah bisa menimbulkan efek psikis yang tidak baik apabila dialami secara belebihan, mengalami perasaan gundah yang berat dan bertubi-tubi, tidak bisa terselesaikan dikarenakan berbagai macam sebab. Gelisah yang berat bisa mengakibatkan stress. Seberapa luas pengetahuan kita terhadap gelisah dan cara mengatasinya yang benar? Bagaimana cara mengatasi gelisah yang tepat untuk menghalau stress?

            Gelisah adalah suatu gejolak psikis yang dirasakan didalam perasaan seseorang, gelisah ini hanya bisa dirasakan oleh individu itu sendiri tidak bisa dirasakan secara bersamaan apalagi dilakukan secara sengaja atau mungkin janjian dengan orang lain untuk bisa merasakan gelisah yang sama. Perasaan gelisah akan timbul dengan sendirinya, tanpa diminta. Gelisah akan datang secara alami, apabila kita sedang mengalami atau menghadapi suatu masalah yang mungkin orang lain tidak merasakan pada saat yang bersamaan. Walaupun pada kenyataannya, semua orang pernah dan pasti mengalami rasa gelisah.

            Berdasarkan survey yang ada, gelisah bisa disebabkan oleh berbagai macam masalah. Entah itu disebabkan oleh berbagai macam perasaan, seperti :
1.      Perasaan bersalah
2.      Perasaan takut mengakui
3.      Perasaan takut untuk melakukan sesuatu yang pada kenyataannya memang harus dilakukan
4.      Perasaan berprasangka yang timbul karena menerka-nerka
5.      Perasaan menunggu suatu jawaban atau penasaran
6.      Perasaan malu dan lain-lain

Biasanya efek buruk yang disebabkan oleh orang yang sedang mengalami gejala gelisah adalah:
1.      Susah tidur
2.      Hilangnya nafsu makan
3.      Sering terlihat banyak merenung/bengong
4.      Sulit diajak berkomunikasi/cenderung sensitive
5.      Lebih senang menyendiri
6.      Suka marah-marah tidak jelas
7.      Tidak feedback apabila diajak bicara
           
             Untuk mencegah gelisah yang berlarut-larut usahakan jaga kondisi tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga. Berikut beberapa tahapan terapi untuk menghadapi kegelisahan.
Hal yang paling sederhana menghilangkan gelisah dengan mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa, karena kepadaNya-Lah kita bisa berserah diri menuangkan segala gelisah yang sedang kita hadapi untuk diberikan kemudahan dan ketenangan hati dalam mengatasinya.

http://haryantomantap.blogspot.com/2011/05/manusia-dan-kegelisahan.html?zx=5a976938b9da853e

Tidak ada komentar:

Posting Komentar