Kamis, 29 Desember 2011

Tulisan Ilmu Budaya Dasar 2

TULISAN 2

MENARIK MINAT WISATAWAN UNTUK LEBIH MENGENAL BUDAYA INDONESIA DI LIHAT DARI SUDUT PANDANG EKONOMI

Disini saya akan membahas tentang budaya ku sendiri yaitu budaya Batak. Disini aku akan menjelaskannya dengan sedetail mungkin.

Ini adalah budaya ku yaitu budaya Batak. Di sini adalah tempat ku dilahirkan dan di besarkan yaitu di daerah Padangsidimpuan Sumatera Utara. Di mana, daerah ku ini yang selalu aku banggakan dan yang tidak bisa ku lupakan selama hidupku dan saya juga sudah terbiasa hidup di sini.

Disini kami memiliki adat istiadat khas tradisional yang harus di lakukan pada saat upacara-upacara adat yaitu mangulosi. Misalnya pada saat acara pernikahan harus lah di adakan yang namanya mangulosi, adat itu lah yang tidak bisa di lupakan oleh orang batak. Karena adat itu sudah khas orang batak mulai dari nenek moyang hingga sekarang ini masih di lakukan.

Mangulosi itu maksudnya memberikan ulos atau kain ciri khas orang batak kepada sanak famili dengan membentangkan ulos di pundak yang di ulosi supaya diberikan berkat dan perlindungan dari Tuhan. Dan ada juga yang namanya adat manortor, ini dilakukan pada saat pemberian ulos kepada famili atau keluarga yang sedang mengadakan acara pernikahan tersebut.
             

Kebudayaan orang batak ada juga yang unik dan indah dan ini sudah dikembangkan menjadi potensi pariwisata yaitu di Samosir Sumatera Utara. Keindahan di sini sangat bagus dapat memandang atau menikmati suasana di Danau Toba, dan dapat melihat uniknya patung sigale-gale yang dapat manortor sendiri yang di barengi dengan musik gondang dan melihat uniknya rumah-rumah adat di daerah kami ini. Orang-orang turis atau dari luar negri sering berkunjung ke tempat ini, karena menurut mereka budaya kami bagus dan unik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar