Kamis, 29 Desember 2011

Tulisan Ilmu Budaya Dasar 5


TULISAN 5

PENDERITAAN MANUSIA


Kehidupan Anak Yang Terlantar / Anak Jalanan

Anak terlantar merupakan suatu akibat dari orang tua yang tidak dapat memenuhi kebutuhan keluarga ataupun anak-anaknya, sehingga terjadi lah kriminalitas terhadap sang anak untuk di jadikan sebagai pengemis padahal hal seperti itu tidaklah sepantasnya di lakukan si anak tersebut.

Seharusnya anak terlantar itu adalah masih dalam tanggung jawab orang tua karena mereka masih membutuhkan kasih sayang dan perlindungan khusus dari orang tuanya. Dan mereka belum dapat mencari kebutuhan hidupnya sendiri baik secara rohani maupun jasmani. Oleh karena itu kewajiban orang tua terhadap anaknya tidak lah dapat di hilangkan atau di abaikan begitu saja. Tetapi sekarang ini dapat kita lihat banyak orang tua yang membuang anak-anaknya begitu saja di jalanan dan menjadi pengemis,

Beberapa faktor yang mempengaruhinya yaitu:

1. karena faktor kebutuhan keluarga yang kurang memadai.
2. faktor sosial dan ekonomi orang tua berasal dari lapisan bawah sehingga tidak dapat           mencukupi biaya kehidupan sehari-hari.
3. kelahiran sang anak yang diluar nikah atau kelahirannya tidak di inginkan keluarga akibat       
dari pergaulan bebas.
4. karena hanya memiliki salah satu orang tua yaitu ibunya dan tidak memiliki pekerjaan.

Maka Anak-anak terlantar sangat banyak kita temukan di jalanan sebagai pengemis atau sebagai pengamen dan mereka juga tidak memiliki tempat tinggal (rumah), mereka tidur di bawah jembatan, di pinggir jalanan.
Padahal seharusnya mereka mendapatkan atau memenuhi  kebutuhan hidupnya yang layak, baik kebutuhan makanan yang bergizi, pemeliharaan kesehatan, pakaian, curahan kasih sayang, perlindungan, bimbingan dan pendidikan. Karena sang anak harus mendapat perhatian khusus dan diberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang dengan wajar, baik secara jasmani, rohani maupun sosial. Jadi seharusnya pemerintah memperhatikan anak-anak terlantar tersebut supaya mereka tidak lagi mngalami penderitaan seperti itu dan marilah kita beharap supaya pemerintah dapat mengurangi jumlah anak terlantar dan memberikan tempat yang layak bagi mereka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar