Tulisan 1
Segmentasi pasar
dapat diartikan yaitu suatu pengelompokan pasar menjadi kelompok-kelompok
konsumen yang homogen , dimana tiap kelompok dapat dipilih sebagai pasar yang
ditargetkan untuk pemasaran suatu produk.
Titik awal untuk
mendiskusikan segmentasi adalah pemasaran
massal. Dalam pemasaran massal, penjual melakukan produksi masal.
distribusi massal, dan promosi massal dari satu produk untuk semua pembeli.
Henry Ford menerapkan strategi ini ketika ia menawarkan Model-T Ford dalam satu
warna, hitam. Coca-cola juga mempraktikkan pemasaran massal ketika mereka hanya
menjual satu jenis Coke dalam botol ukuran 6,5 ons.
Alasan ini dilakukan
karena pemasaran massal menciptakan pasar potensial terbesar, yang menghasilkan
biaya terendah, dan kemudian berujung pada harga yang lebih murah atau margin
yang lebih tinggi. Mekipun demikian, banyak kritikus mengemukakan bahwa pasar
semakin terpecah, dan media iklan, dan saliran distribusi smakin marak, yang
semakin mempersulit dan mempermahal jangkauan terhadap pemirsa massal. Beberapa
menyatakan bahwa pemasaran massal sedang sekarat. Sebagian besar perusahaan beralih
ke pemasaran mikro pada satu dari
empat tingkat: segmen, ceruk, wilayah lokal, dan perorangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar